Thursday, March 7, 2013

food and beverage


Definisi food and beverage service


Makanan & minuman industri biasanya didefinisikan oleh itu produk keluaran, untuk memenuhi berbagai tuntutan dari makanan & minuman orang. 
Tapi tidak termasuk pembuatan makanan & minuman dan ritel tersebut. Dalam dunia sekarang ini, industri jasa makanan & minuman telah berkembang banyak dan sekarang-a-hari, sesuai perhitungan itu melayani lebih dari 100 juta kali makan per hari. Hal ini telah menyebar di semua lapisan kehidupan-dari. Hotel, restoran, kantin industri, kantin rumah sakit, kereta api, saluran udara, semua kini menjadi bagian dari industri jasa makanan & minuman.
Fungsi dasar dari industri ini adalah untuk melayani makanan & minuman untuk orang, untuk memenuhi berbagai jenis kebutuhan mereka. Tujuan utama adalah untuk mencapai kepuasan pelanggan. Kebutuhan pelanggan yang mungkin akan berusaha untuk memuaskan adalah:
1.      Fisiologis: kebutuhan makanan khusus
2.      Ekonomi: kebutuhan untuk nilai terbaik untuk harga yang dibayarkan
3.      Sosial: suasana yang bersahabat, terus terang mengungkapkan perasaan
4.      Psikologis: kebutuhan untuk meningkatkan harga diri
5.      Kenyamanan: keinginan orang lain untuk melakukan pekerjaan.
Kebutuhan ini memainkan berbagai peran besar untuk menentukan faktor, bertanggung jawab untuk menentukan berbagai jenis metode layanan di makanan & minuman industri jasa.

Food and beverage service adalah "
food flow" (dari pembelian makanan(purchasing) untuk layanan kepada pelanggan) terutama berkaitan dengan pengiriman dan penyajian makanan untuk pelanggan, setelah selesainya produksi pangan. Kadang-kadang, melibatkan transportasi jika ada pemisahan fasilitas produksi dan pelayanan.


Pelayanan makanan dan minuman dapat dilakukan dengan berbagai cara tergantung pada sejumlah faktor:
1.      Jenis pendirian
2.      Jenis pelanggan yang akan dilayani
3.      Waktu yang tersedia untuk makan
4.      Omset pelanggan diharapkan
5.      Jenis menu yang disajikan
6.      Biaya makan dilayani
7.      Situs pendirian
Makanan & minuman layanan dapat dilihat dari sudut pandang pelanggan. Pada dasarnya, pelanggan memasuki pelayanan makanan daerah, perintah atau memilih / nya pilihannya dan kemudian disajikan (pelanggan dapat membayar baik pada saat ini atau nanti). Makanan dan minuman kemudian dikonsumsi, berikut ini yang area tersebut dibersihkan. Secara garis besar kita dapat mengkategorikan metode layanan dalam lima jenis:
1.      Tabel service
2.      Assisted service
3.      Self service
4.      Single point service
5.      Speciallised service

1.      Table service
Dalam kategori ini, tamu masuk di daerah tersebut dan duduk. Menu daftar
diberikan atau ditampilkan untuk pesanan. Perintah yang telah diambil oleh pelayan / ess. Kemudian layanan ini dilakukan penutup diletakkan di atas meja. Berikut ini adalah jenis layanan datang dalam kategori ini:
a.       English service: sering disebut sebagai "layanan host" karena tuan rumah memainkan peran aktif dalam pelayanan. Makanan dibawa pada piring-piring oleh pelayan dan ditampilkan ke host untuk persetujuan. Pelayan kemudian tempat piring-piring di atas meja. Tuan rumah baik porsi makanan ke piring tamu langsung atau porsi makan dan memungkinkan pelayan untuk melayani. Untuk melengkapi makanan tamu pelayan kemudian dapat mengambil piring sekitar untuk tamu untuk membantu diri mereka sendiri atau dilayani oleh pelayan.
b.      French service: ini adalah layanan yang sangat personal. Makanan dibawa dari dapur di piring dan salvers, yang ditempatkan langsung di atas meja. Pelat disimpan dekat piring dan para tamu membantu diri mereka sendiri.
c.       Silver service: tabel ini ditetapkan untuk hors d'oeuvres, sup, hidangan utama dan hidangan manis dalam sterling perak. Bantuan ini porsi ke piring-piring perak di dapur sendiri, yang ditempatkan di bufet dengan pembakar atau hot plate untuk menjaga hangat makanan di restoran. Pelat ditempatkan sebelum tamu. Pelayan kemudian mengambil piring dari piring panas dan menyajikan hidangan ke host untuk persetujuan. Dia melayani tamu menggunakan sendok dan garpu layanan. Semua makanan disajikan di piring perak dengan saus rumit.
d.      American service: layanan amerika adalah layanan pra berlapis, yang berarti bahwa makanan disajikan ke piring tamu di dapur sendiri dan dibawa ke tamu. Dapur menentukan lebih dahulu bagian dan iringan disajikan dengan piring menyeimbangkan seluruh presentasi dari segi gizi dan warna. Layanan jenis ini umumnya digunakan di warung kopi di mana layanan dituntut untuk cepat.
e.       Rusian service: sebuah layanan perak rumit banyak di garis pelayanan prancis kecuali bahwa makanan porsi dan diukir oleh pelayan di troli gueridon di restoran di hadapan para tamu. Tampilan dan presentasi adalah bagian utama dari layanan ini. Prinsip yang terlibat adalah memiliki seluruh sendi, unggas, dan ikan permainan rumit berpakaian dan hiasi, disajikan kepada tamu dan diukir dan porsi oleh pelayan. Disebut sama dikarenakan bahasa, dari segi pelayanan rusia dan risjtaffel disamakan.
f.       Gueridon service: ini adalah layanan di mana piring datang sebagian dibuat dari dapur akan selesai di restoran oleh pelayan atau, ketika makanan lengkap dimasak di tableside di restoran. Memasak dilakukan pada sebuah troli gueridon, yang merupakan troli mobile dengan tabung gas dan kompor. Pelayan memainkan bagian penting, seperti yang diperlukan untuk fillet, mengukir, flambĂ© dan menyiapkan makanan dengan kecakapan memainkan pertunjukan. Pelayan harus memiliki ketangkasan dan keterampilan.
g.       Snack-bar service: tinja tinggi ditempatkan di sepanjang counter sehingga tamu dapat makan makanan di counter itu sendiri. Dalam perusahaan yang lebih baik, selimut diletakkan di meja itu sendiri. Makanan ini baik ditampilkan di belakang meja untuk para tamu untuk memilih dari, atau terdaftar di kartu menu atau papan umum.

2.      Assist service
Dalam jenis kategori, tamu masuk di ruang makan dan membantu dirinya untuk mendapatkan makanan, baik dari meja prasmanan atau dia mungkin akan dilayani sebagian di meja oleh pelayan / ess dan kebutuhan tambahan yang akan dikumpulkan dari meja sendiri. Konsumsi dapat dilakukan di kedua di meja, berdiri atau di area lounge / ruang perjamuan.
Buffet service: sebuah swalayan, di mana makanan yang ditampilkan pada tabel. Tamu mengambil piringnya dari stack pada akhir setiap tabel atau permintaan pelayan di belakang meja prasmanan untuk melayani dia. Untuk duduk-down layanan prasmanan, meja diletakkan dengan barang pecah-belah dan peralatan makan seperti di restoran. Tamu dapat melayani dirinya sendiri di meja prasmanan dan kembali
makan di meja tamu ditata. Pelayan dapat melayani beberapa kursus seperti makanan pembuka dan sup di meja.
3.      Self service
Dalam jenis layanan, tamu masuk di daerah dinning, memilih baki sendiri dari meja makan dan membawa makanan sendiri ke layanan place.cafeteria nya tempat duduk: layanan ini biasanya ada di kantin industri, perguruan tinggi, rumah sakit atau kafetaria hotel . Untuk memfasilitasi layanan cepat, menu tetap dan ditampilkan pada papan besar. Tamu mungkin harus membeli kupon di muka, sekarang mereka pada pelayan kontra yang kemudian berfungsi item yang diinginkan. Kadang-kadang makanan yang ditampilkan di belakang meja dan para tamu dapat menunjukkan pilihan mereka untuk petugas counter. Makanan disajikan pra berlapis dan peralatan makan yang diserahkan langsung kepada tamu. Para tamu kemudian dapat duduk di meja dan kursi yang disediakan oleh pembentukan. Kadang-kadang tabel tinggi dilengkapi dimana para tamu dapat berdiri dan makan.


4.      Single point service
Dalam kategori ini, perintah tamu, membayar pesanan dan mendapatkan disajikan di
tunggal titik. Mungkin ada mungkin tidak setiap area dinning atau kursi-out. Berbagai jenis adalah:
take away: pesanan nasabah dan disajikan dari titik, di stand counter, menetas atau snack; pelanggan mengkonsumsi dari tempat itu.
a.       Vending: penyediaan pelayanan makanan dan pelayanan minuman dengan cara ritel otomatis.
b.      Kios: outstation untuk memberikan layanan untuk permintaan puncak atau di lokasi tertentu (mungkin terbuka bagi pelanggan untuk memesan atau digunakan untuk pengisian saja)

No comments:

Post a Comment